>

MY CONCERT EXPERIENCE : Day6 Live & Meet in Jakarta 2017


Who is Day6??



Day6 merupakan Band asuhan JYP Entertaiment yang debut pada tahun 2015, dengan lagu debut mereka yaitu Congratulations. Day6 dahulu beranggotakan 6 orang, namun karena adanya masalah personal, salah satu member mereka yaitu Junhyeok memutuskan untuk membatalkan kontrak dan meninggalkan Day6. Saat ini Day6 beranggotakan 5 orang yaitu, Sungjin (Leader, Vocalist, Rhytm Guitar), Jae (Lead guitar, Vocalist, Rapper), Young K (Bassist, Vocalist, Rapper), Wonpil (Keyboardist, Synthesizer, Vocalist), dan Dowoon (Drummer). Project EveryDay6 sendiri saat ini masih berjalan. EveryDay6 merupakan project Day6 selama setahun, dimana pada setiap bulannya pada tanggal 6, mereka akan mengeluarkan 2 buah lagu terbaru.
                
Saya baru mulai mengenal lagu – lagu Day6 sekitar bulan maret 2017, saat itu project EveryDay6 sudah memasuki bulan ketiga. Lagu Day6  pertama yang saya dengarkan adalah You were beautiful (EveryDay6 : Februari). Bagi saya yang menyukai lagu ballad dan akustik, lagu you were beautiful sangat “nempel” di telinga. Akhirnya selama sebulan penuh saya hanya mendengarkan lagu ini, dan sesekali diselangi oleh beberapa lagu Day6 lainnya seperti Congratulation, I wait, My Day dan lagu terbaru nya saat itu yaitu How Can I Say + I would.

Day6 Live and Meet in Jakarta.

                Pada bulan Juni 2017, salah satu promotor musik di Indonesia @mecimapro, mengumumkan melalui akun twitter mereka bahwa Day6 akan datang ke Jakarta mengadakan Live & Meet pada tanggal 25 Agustus 2017 di Balai Sarbini. Saya yang saat itu memang sedang demam dengan lagu Day6 memutuskan untuk datang ke acara tersebut. Kategori kelas terbagi dalam 4 jenis, yaitu Blue (Seating. benefit : Fansign/Photo Opp), Yellow (Seating. Benefit : Hi Touch), Pink (Standing. Benefit : HiTouch), dan Purple. Saya sendiri memutuskan untuk membeli kategori Yellow karena saya pikir saya sedang tidak terlalu fit untuk menonton konser di standing section. 

---SKIP TO THE CONCERT DAY—

                Sama seperti konser-konser sebelumnya, saya selalu nonton konser sendiri. Sebagai “single fighter” saya mulai mencari teman untuk setidaknya agar ada teman untuk bercerita selama menunggu. Saya menemukan beberapa teman yang juga menonton section yang sama dengan saya melalui twitter, kami memutuskan untuk bertemu di venue. Pada hari konser, saya datang sekitar pukul 13.30. Saya kemudian langsung menuju meja penukaran tiket, untuk menukarkan e-ticket saya dengant tiket fisik, tidak lupa juga mengambil official lightband yang sudah saya pesan sebelumnya. Antrian penukarannya tidak terlalu panjang, sekitar 15 menit kemudian saya sudah memegang tiket fisik dan lightband. I’M SO READY FOR DAY6!!!



                Setelah menunggu dan menunggu dan menunggu, sekitar pukul 17.00 akhirnya saya bersama beberapa teman yang saya “temukan”melalui twitter mulai bergerak ke arah pintu masuk. Berhubung balai  sarbini hanya dapat diakses melalui melalui satu pintu utama, maka untuk masuk ke holding area, kami masuk bergantian berdasarkan kategori tiket. Setelah melewati body check, dan scan ticket, akhirnya saya masuk kedalam venue. Saya duduk di section Yellow F, Row F – 34, dan ternyata tempat duduk saya merupakan baris paling depan di yellow F. 

First Row at Yellow F

Balai sarbini ternyata tidak terlalu besar sehingga jarak ke panggung tidak terlalu jauh dan Day6 dapat terlihat amat sangat jelas, tanpa perlu melihat ke layar. Selama menunggu, diputar beberapa lagu Day6 dan beberapa video promo event mecima pro selanjutnya.

view from my seat

                Pukul 18.30, lagu Indonesia Raya mulai diputar, kami semua berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan semangat. Setelah lagu Indonesia Raya selesai, layar di panggung mulai menampilkan Opening VCR. Teriakan MyDay mulai tidak terkendali, terutama saat Day6 mulai muncul di panggung dan bersiap dengan alat musik masing-masing. (MY FANGIRL MODE IS ON FIRE).

Notes : Saya bukan tipe penonton yang akan merekam atau mendokumentasikan setiap performance secara full, karena saya ingin menikmati performance mereka dengan mata saya sendiri daripada fokus merekam melalui kamera ponsel. (no offense).  So.. saya hanya memiliki banyak foto serta video singkat!

                Day6 membuka acara dengan lagu How Can I Say dan berlanjut dengan I Wait. Saya merinding mendengar fanchant MyDay saat  lagu I Wait. Saya pun semakin semangat meneriakan fanchant I Wait. Setelah lagu I Wait, Day6 kemudian menyanyikan lagu side track mereka di EveryDay6 : Agustus yaitu Whatever! Dan lanjut dengan title track EveryDay6 Agustus, What Can I Do.







Talk & Games Segment

                Setelah lagu What Can I Do, waktunya segment talk & games. Member Day6 kemudian berkumpul di tengah panggung dan memperkenalkan diri satu persatu.

Best moment when introduction : Sungjin say “Selalu Denganmu”.  Wonpil say “Mantap”. Dan selama konser “Mantap” jadi words of the day!  

Funny moment for me, pada sesi talk and games Day6 duduk di bangku “bar” yang bisa dinaik-turunkan dengan menaikkan tuas yang ada pada samping bangku tersebut. Semua member kemudian menurunkan bangku hingga batas paling rendah, Sungjin yang saat itu bangkunya masih dalam keadaan tinggi, ingin menurunkan bangku seperti yang lainnya, namun ternyata tuas untuk menurunkan bangku tersebut tidak ada (mungkin memang bangkunya rusak dan tidak bisa diturunkan), Sungjin yang tidak mengerti, kemudian berkali-kali mengecek dan mencari-cari tuas, hingga meminta bantuan Jae dan bertanya pada Dowoon. Karena tidak menemukan tuas untuk menurunkan bangku akhirnya Sungjin berdiri dengan awkward (tidak duduk) karena jika duduk posisi duduk sungjin akan paling tinggi dibandingkan dengan member lainnya. (It’s so cute for me). Namun setelah melihat sungjin kebingungan dan berdiri, MC kemudian menukar bangku Sungjin.



                Segment dimulai dengan beberapa Q and A seputar lagu, album, dan project EveryDay6. Setelah sesi mengobrol selesai, Young K ternyata memiliki surprise untuk MyDay Indonesia. Young K mengcover lagu Noah – Separuh Aku. Suara merdu Young K langsung merasuk ke jiwa raga, saya seperti mau meleleh di tempat duduk. (search the video on youtube). Setelah sesi ngobrol-ngobrol, MyDay memiliki surprise untuk Birthday Boy, YOON DOOWON! Dowoon berulang tahun sehari sebelum hari L&M. Saat kue ulang tahun dibawa keatas panggung, MyDay menyanyikan lagu happy birthday sambil mengangkat project banner ulang tahun Dowoon. Perayaan ulang tahun Dowoon diakhiri dengan photo bersama.

Dowon banner

Dowoon birthday

                Sesi Games dimulai, para member Day6 diharuskan berakting memperagakan ulang adegan pada MV What Can I Do (EPIC!!) Favorite saya adalah akting Young K dan Dowoon! Games berlanjut dengan Day6 diharuskan mengambil beberapa post-it yang ditempel MyDay di message board. Mereka diwajibkan untuk membuat lirik lagu dari pesan tersebut. Yang mengambil post it adalah Young K, Wonpil dan Dowoon. Young K seperti yang kita semua tau merupakan orang yang selalu ikut serta dalam penulisan lirik lagu-lagu Day6, jadi tidak heran, jika dengan hitungan menit Young K sudah bisa menyelesaikan challenge. Wonpil! Wonpil benar-benar membuat saya terhipnotis dengan suara merdunya (lovestruck). Terakhir adalah uri maknae, Dowoon. Dowoon, sang drummer yang pemalu ini, menyanyikan lagu Happy Birthday kepada salah satu penonton. Menurut saya suara beratnya dowoon ini “nagih banget”.





                Games berlanjut, Day6 harus memakai batik dengan mata tertutup dan bagi yang paling tidak rapih atau lambat maka akan mendapatkan hukuman. Digames ini bisa kita lihat kalau Day6 sangat “hyperactive” (“rusuh” banget anak-anak ini). Games dimulai, yang selesai pertama kali adalah Young K, Sungjin, Wonpil, Jae, dan terakhir Dowoon. Yang paling rapih menurut saya adalah Jae karena baju batiknya dimasukan dan Sungjin yang lengannya di gulung. Mereka cocok plus super “mantap” memakai batik, melihat Day6 memakai batik jadi pengen ngajak ke “kondangan” (THEIR VISUAL NO JOKE!). Hukuman bagi yang kalah adalah... AEGYO!! (i’m dying to see dowoon aegyo with my own eyes). Dowoon yang pemalu, makin jadi pemalu

Day6 wearing batik! Siap diajak ke "kondangan"
Dowoon Aegyo

                Show pun berlanjut dengan lagu You Were Beautiful (MY FAVORITE!!!Sejujurnya saya agak berkaca-kaca saat Day6 menyanyikan lagu ini, terutama pada bagian reff. No word can explain my feeling. Ini nulisnya pun sambil dengar You Were Beautiful). Lagu selanjutnya yaitu I Smile. Saya kembali merinding! Fanchat MyDay ON POINT!! (Saya melihat beberapa fancam MyDay yang ada di section Pink, ternyata YoungK selalu senyum saat MyDay meneriakan Fanchant).  Tak terasa tinggal satu lagu terakhir yang tersisa. Sebelum lagu terakhir, MyDay (@/DAY6IDPROJECT) menyiapkan sebuah video yang juga merupakan hadiah 2nd Anniversary untuk Day6 (dan saya yang merupakan SOFT stan, mulai berkaca-kaca). Setelah video berakhir, Sungjin berharap Day6 bisa hingga 20 tahun kedepan bahkan selamanya dan berharap MyDay akan tetap bersama mereka selamanya. Tidak lupa kami mengangkat banner anniversary saat sungjin memberikan ment. 

Project banner : 2nd Anniversary

Acara berlanjut dengan lagu terakhir yaitu Congratulation. Saat lagu Congratulations, Fanproject pun juga dimulai, kami membuat Pelangi dari flashlight telepon gengam kami yang sudah ditempel dengan sticker (SO BEAUTIFUL). Acara pun berakhir dan Day6 kembali ke belakang panggung. Namun sebenarnya Day6 masih memiliki beberapa lagu terakhir untuk Encore.



                MyDay pun berteriak “we want more!! We want more!!”. Day6 pun kembali ke atas panggung, , Jae berkata “ You want more???” and of course we say YESSSS! Day6 pun memulai Encore stage dengan lagu I’m Serious, lalu Dance Dance. Saat lagu Dance Dance, kami semua pun berdiri dari tempat duduk. Badan saya yang memang dari awal sudah “gatal” ingin loncat dan bergerak pun mengeluarkan semua sisa energi saya yang tersisa dengan berloncat-loncat dan berteriak. Lagu penutup dari Day6 adalah Freely, dan ini benar-benar membakar semangat saya, saya sudah tidak terkendali (I’M ON FIREEEEEEE!!!). Acara pun berakhir dengan saya yang terduduk lemas di bangku dengan perasaan yang super bahagia.

HI TOUCH WITH DAY6!

                Inilah moment yang saya tunggu-tunggu, HI TOUCH! Bahkan beberapa hari sebelumnya saya sudah mulai deg-degan menunggu moment ini. Setelah konser selesai, Section pink dan yellow tetap tinggal di dalam venue, sedangkan untuk section blue dan purple, diharuskan untuk langsung meninggalkan venue. Hi touch dimulai dari section pink, agar tetap tertib, banyak staff dari promotor yang merapikan barisan. Handphone dan segala jenis alat perekam tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar. Sejujurnya hi touch ini lah bisa disebut moment “personal” bersama Day6. Bayangkan, kalian bisa memegang/menyentuh tangan mereka, dan setidaknya bisa sekedar say hello dan memandang mereka dengan jarak yang sangat dekat (my heart beating so fast when write this part).

                Urutan Hi Touch, Sungjin – Dowoon – Wonpil – Jae – Young K. Selama menunggu untuk hi touch dengan Day6, saya super nervous, dan tangan menjadi super dingin, terutama saat naik ke panggung. (untuk hitouch kita naik ke atas panggung)

Note : untuk hi touch sebenarnya tangan mereka sudah dalam posisi standby (seperti saat kalian akan melalukan tos) dan kitalah yang akan “nyamperin” atau meraih tangan mereka untuk melakukan hi touch. Normal nya mungkin sebagian orang akan hanya melakukan “tos” tanpa menggenggam tangan,  BUT I’M NOT!!  I WRAPPED MY HAND TO THEIR HANDS! (not intertwined, just like when you hold hand with your bf/gf)

Hi Touch Story :
1.       Sungjin : Sungjin VISUAL ON POINT! Oh my Goodness. Speechless amat sangat saat jalan ke depan sungjin. Saat melalukan hitouch, sungjinlah yang paling semangat. Sungjin mengayunkan tangannya dengan penuh semangat sambil berkata thankyou. So basically his hand who reach our hand first. I wrapped my hand to his hand, and he wrapped my hand back! TT_TT
2.       Dowoon : SHY BOY! Shyly smile! I smile and he say thank you too.
3.       Wonpil : I’M MELTING!! He smile and look at my eyes even when my hand not reach his hand yet. I look at his eyes too and then reach his hand. HIS GAZE SO SOFT AND IT’S KILLING ME!!
4.       Jae : Sejujurnya jantung saya seperti mau meledak, JAE IS SO CUTE!! Who can resist his eyes smile tho???!! Smile and touch.
5.       Young K : I’M ALMOST PASS OUT! His smile is so precious. TOO DIE FOR! He smile, I smile, i touch his hand and ofc i wrapped my hand to his hand and he wrapped my hand back! (i’m weak!! T__T)


Setelah hi touch, kami langsung di arahkan keluar dari venue. Keluar dari venue, pikiran saya masih belum berfungsi dengan sempurna. Masih terombang ambing pesona Day6. Selama jalan pulang kerumah, saya tidak bisa berhenti memikirkan moment bersama Day6 malam itu. BEST NIGHT EVER!!!

Nth notes : MyDay is the best! Super cooperative! Mecima team is really doing great job!! And thank you for “my twitter friends” untuk chit chat singkatnya. Tidak ketinggalan untuk yang membagikan freebies, Thank you so much!!!

THANKS FOR READING AND SEE YOU IN MY ANOTHER CONCERT EXPERIENCE!!

XOXO
@nth_an

Comments

  1. Emperor Casino | Slots & Games | Shootercasino
    Experience authentic casino action for free at Shootercasino. We offer kadangpintar the most authentic casino 바카라 games with fast payouts, 제왕카지노 exciting bonuses and hundreds of online

    ReplyDelete

Post a Comment