>

Pengalaman Belanja Goods BTS dan "war" di BTS Official Shop

Sebelumnya terima kasih untuk para pembaca yang sudah mengirimi saya email atau pun DM melalui twitter dan bilang “makasih ya kak, udah share pengalaman nya”. Padahal seharusnya saya lah yang berterima kasih karena kalian sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel  saya di blog ini. Terima kasih semuanya.. *kisseu satu-persatu


Pengalaman “War” di BTS Official Shop

BTS 4th MUSTER GOODS : HAPPY EVER AFTER

Tanggal 21 Februari 2018, di Insagram BTS OFFICIAL SHOP mengumumkan bahwa hari itu akan membuka penjualan online diwebsite mereka untuk Goods BTS 4th MUSTER HAPPY EVER AFTER. Saya yang seperti mungkin beberapa dari kalian sudah tau merupakan ARMY, jelas tidak akan melewatkan kesempatan ini. “kenapa ga ikut PO di online shop aja kak? Kan banyak yang buka”. Iya, tadinya saya mau seperti itu, ga perlu ribet ngwar sendiri, tapi saya yang saat MD Wings Tour Final ikut PO di Online Shop, sampai saat ini barang yang pesan saya tidak ketahuan ada dimananya dan apakah dia dapat atau tidaknya. Saya jadi malas untuk ikut PO di Online shop. Kalau pun ada yang ready stock, biasanya harganya “sadis”, jadilah saya akhirnya mencoba untuk beli sendiri di website BTS Official Shop

                Tanggal 21 Februari 2018, pukul 8.00 saya sudah standby di depan komputer (saya tau info online sales BTS 4th MUSTER Happy Ever After sudah dari sebelum tanggal 21 Februari 2018 melalui twitter)  dan melakukan log in di website BTS Official Shop (saya sudah membuat akun dari jauh-jauh hari). Oh iya, untuk websitenya saya masuk di website yang versi english bukan yang versi korea. Saya hari itu memperkirakan bahwa kemungkinan bighit akan merilis pada jam 10.00 WIB (12.00PM KST), tapi ternyata perkiraan saya salah. Karena hingga jam 12.00 WIB, goods BTS 4th Muster Happy Ever After belum dirilis juga. Setelah saya capek refresh dan bolak-balik mengecek, saya mulai putus asa dan merelakan jika memang saya kelewatan nantinya. Pukul 15.00 WIB, saya kembali mengecek website BTS Official Shop dan ternyata sudah diupdate dan dirilis. DAN! CRASH....!!! Saya yang memang sudah mengebu-gebu terus menerus merefresh. Setelah merefresh “ratusan kali”, akhirnya saya bisa memilih barang yang saya mau dan memasukannya kedalam cart. Saat itu saya memesan Mini PC, Cloud Card, dan Poster Set, saya sebenernya ingin memesan lenticular keyring dan Stamp pen, namun pilihan membernya sudah sold out semua.

Setelah memeriksa cart kemudian menekan tombol order.. CRASH! Refresh..refresh.. dan refresh... akhirnya saya bisa masuk kembali. Setelah itu muncul tulisan “checking inventory”, loading sekitar 3 menit kemudian berhasil masuk ke order sheet (semacem konfirmasi pemesanan). Di halaman tersebut saya mengisi data diri, alamat pengiriman dan pembayaran (pilihan pembayaran hanya ada dua. Paypal dan Alipay). Saya memilih pembayaran dengan paypal, setelah di klik, CRASH!! Refresh..refresh...refresh.. dan refresh terus. Halamannya kembali muncul namun kembali ke order sheet. Setelah mencoba berkali-kali akhirnya pembayaran saya berhasil. Saya pun menerima email konfirmasi pembayaran dari paypal namun tidak ada email dari BTS Official Shop. Saya pikir mungkin akan masuk dalam beberapa menit, tapi ternyata setelah setengah jam menunggu, email dari BTS Official Shop tidak ada! Saya pun mulai panik!!!

                Pada halaman website saya mengecek status no.order saya melalui pilihan delivery. Dan ternyata saya baru sadar bahwa saat pemesanan tadi saya tidak ter log-in dalam account member. Saya lalu memasukan no.order dan password yang memang sempat saya isi dalam order sheet. Setelah dicek orderan saya memang tidak ada, dan items yang saya pesan tadi juga masih ada di chart. Saya panik! Karena saya sudah mendapat email konfirmasi pembayaran dari paypal dan sisa kredit limit kartu kredit saya sudah terpotong. Saya pun mencari pencerahan di twitter dan ternyata banyak juga yang mengalami hal tersebut. Menurut saran yang saya lihat di twitter, saya harus menghubungi pihak BTS Official Show melalui email untuk masalah tersebut, dan ada baiknya melakukan pemesanan ulang untuk barang yang ingin saya pesan.

email pembayaran dari paypal mengenai order pertama yang tidak ter-record

Note : Harga yang ada di english website BTS Official Shop adalah dalam kurs US Dollar. Jadi jika dalam won harga goods 10.000won maka dalam Dollar adalah $10. Jika 6.000 won dalam dollar adalah $6 dan begitupun yang lainnya

                Dengan perasaan yang sedikit kecewa dan kesal, saya pun melakukan order ulang. Crash.. crash.. dan crash... Tapi demi beberapa goods BTS saya tetap sabar merefresh halaman website BTS Official Shop. Setelah puluhan kali refresh akhirnya saya kembali sampai pada order sheet, disini saya memastikan apakah  sudah ter log-in dalam account member. Setelah melakukan pembayaran, saya mendapatkan email dari paypal bahwa pembayaran saya sudah berhasil. Tak lama setelah email dari paypal, saya mendapatkan email dari BTS Official Shop yang berisikan konfirmasi order saya. Order “kedua” pun berhasil. 

email pembayaran dari paypal untuk order kedua

email order dari BTS Official Shop
Sayangnya saya hanya membeli 2 buah Mini Photocard Set dan 1 Voice Keyring. Akibat belanja dan mengklik dengan panik saya tidak ingat untuk memasukan cloud card sedangkan untuk poster set sudah soldout. Untuk ongkos kirimnya sendiri saya membayar sebesar $20. Pada order sebelumnya (order yg tidak ter-record) ongkos kirimnya juga sama yaitu $20. Sejujurnya saya menyesal tidak memesan sekaligus banyak. Penyesalan memang selalu datang terlambat L

Orderan saya di BTS Official Shop

                Selesai dengan urusan orderan “kedua”, saya pun memikirkan uang saya yang  terbayarkan untuk order yang tidak ter-record tersebut. Saya menelpon pihak penerbit kartu kredit dan menanyakan status pembayaran senilai $52.50 (order pertama yg gagal). Menurut pihak bank, memang ada transaksi tersebut namun dari pihak seller belum menagihkan jumlah tersebut ($52.50) sehingga dana nya masih menggantung (sudah terpotong di limit namun belum ditagihkan). Pihak bank menyarankan untuk menunggu hingga tiga hari untuk melihat apakah transaksi tersebut ditagihkan atau tidaknya dari pihak seller. Saya juga bertanya mengenai pembayaran senilai $44 (Order kedua yang berhasil), dan itu statusnya juga sama seperti tagihan $52.50 (belum ditagihkan). Berarti sebenarnya order kedua saya itupun belum bisa dikatakan sukses, karena bisa saja tiba-tiba dari pihak BTS Official Shop membatalkan pesanan saya dan merefund uang yang sudah dibayarkan.

Kini saya hanya bisa menunggu apa yang terjadi dengan order saya di BTS Official Shop. Sekitar tanggal 25 Februari 2018 saya akan menelpon kembali ke pihak bank untuk menanyakan status “dana gantung” tersebut.

**UPDATE**

Tanggal 25 Februari 2018, saya kembali menelpon pihak bank untuk menanyakan apakah transaksi saya tersebut sudah tercetak atau belum, dan menurut pihak bank transaksi tersebut sudah tercetak dan ditagihkan. Saya pun juga mengecek di status delivery mengenai order pertama saya yang tidak ter-record. Saat saya mengecek ternyata order saya sudah terinput namun saya tidak menerima konfirmasi di email.

namun untuk processing statusnya yaitu "product sourcing" (berbeda dengan processing status order kedua saya yaitu : Send Standby). Product sourcing yaitu pihak seller masih mencari untuk ketersedian stok produk. Dalam hal ini berarti bisa sewaktu-waktu pihak BTS Official Shop membatalkan pesanan saya tersebut. Saya juga sudah mengirimkan QnA (lagi) ke pihak BTS Official Shop untuk kejelasan order pertama saya namun sampai saat ini pihak BTS Official Shop belum merespon sama sekali.


**UPDATE**
30 April 2018

Akhir nya saya bisa update :)

Tanggal 19 April 2018, finally BTS Shop mengirimkan paket yang saya pesan (order kedua saya). Didalam akun pun kemudian tulisan send standby berubah menjadi send complete disertai dengan no tracking ems. TAPI....... setelah saya perhatikan, sepertinya bts shop hanya mengirimkan saya photocard set nya saja, karena untuk voice keyringnya statusnya masih berstatus send standby.


Tanggal 20 April 2018 paket saya pun sampai di jakarta, namun ternyata setelah saya tracking barang saya tersebut tidak bergerak sampai tanggal 30 April 2018. iya, barang saya tertumpuk di warehouse, saya menelpon ke pihak POS dan ternyata memang ems sedang overload sehingga prosesnya menjadi lama. Akhirnya pada tanggal 30 April 2018 barang saya pun sudah di proses pengecekan oleh pihak cukai



FYI, untuk status order pertama saya yang tidak ter-record ternyata DIPROSES dan DIKIRIMKAN. Pada tanggal 25 April saya mendapatkan email dari BTS Official Shop bahwa barang saya sudah dikirimkan. 


Saya pun juga di infokan untuk no. trackingnya, namun ternyata no trackingnya tidak bisa ditrack. Dan pada tanggal 30 April 2018, saya mengecek kembali no tracking tersebut dan tetap tidak bisa ditracking. Saya mendapatkan pencerahan dari seorang pembaca blog saya (Thanks to Ninda) bahwa ternyata banyak yang mengalami kejadian seperti ini dan no tracking tersebut baru akan bisa ditracking sekitar satu sampai dua minggu setelah no tracking tersebut di berikan. 

UPDATEE


Setelah menunggu selama kurang lebih 3 minggu akhirnya barang saya sampai, padahal satu hari sebelum barang dikirimkan ke rumah, saya mengecek status tracking nya, barangnya masih dalam tahap cetak invoice di kantor pos daerah jakarta selatan. 

Tanggal 8 Mei 2018 sekitar pukul 2.00PM, saya dikabari oleh orang rumah saya, bahwa ada paket yang datang. Saya yang saat itu posisinya sedang berada di makassar, pun sudah sangat excited dan tidak sabar untuk segera membuka paket saya yang sudah sampai di rumah.

Saya baru sampai di jakarta sekitar pukul 8.00 PM dan baru sampai dirumah sekitar pukul 9.00PM. Untuk kardusnya sendiri bentuknya sudah tidak lagi mulus, penyok dan ada lakban cokelatnya. Saya rasa kardus nya ini sobek sehingga oleh pihak pos “ditambal” dengan lakban cokelat. Begitu saya buka, saya cukup kaget karena ternyata memang hanya photocard set yang dikirim oleh bts shop. Dan mereka sama sekali tidak melapisi photocard set tersebut dengan bubble wrap atau peanut packaging. Barangnya hanya ditaruh saja didalam kardus, yang mana kalo kardusnya jebol atau kena air, maka isinya bisa hilang dan basah.






Saya tadinya sudah emosi, tapi begitu membuka isi paketnya, rasa emosi langsung luruh. Photocardnya bagus sekali. Dan saya mendapat 2 set berbeda (ada 8 versi random).







Kini, saya tinggal menunggu paket kedua saya datang. Untuk paket tersebut saat ini sudah bisa di tracking dan statusnya sudah sampai di kantor pos bandara soekarno-hatta. 

Comments

  1. Cara order nya gimana tuh ya kak, kan sebelum order pasti nya suruh tulis alamat . Aku ga ngerti pas disitu :)

    ReplyDelete
  2. Kak sekarang kan di bighit shop ada 3 jalur pembayaran kan ya. Ada credit card, wire transfer, dan paypal nah, kalo kita pakai credit card itu bank apa aja yg bisa digunain? Terus disitu kalo pake wire transfer ada tempo pembayaran nya ngga?

    ReplyDelete
  3. ka cara belanjanya ka ajarin, pas mau beli LS V3 ga ada pengiriman ke Indonesia koq jadi sedih

    ReplyDelete

Post a Comment