>

Pengalaman belanja di Web Gmarket Global/Gmarket Korea


Setelah kemarin-kemarin saya mencoba belanja di berbagai ecommerce korea dengan kurs dollar, kali ini saya mencoba untuk berbelanja di salah satu ecomemrce korea yaitu Gmarket. Pada halaman Gmarket bisa kita lihat bahwa seluruh harga produk tertulis dalam kurs korean Won. Lalu apakah Gmarket melayani pembelian diluar korea dan melakukan pengiriman keseluruh dunia? Jawabannya IYA.

Sistem di Gmarket jika dilihat hampir sama dengan online marketplace seperti Tokopedia, Shopee, atau bukalapak. Kita sebagai pembeli dapat memilih dipenjual mana kita mau membeli produk yang kita inginkan.

Cara pembeliannya sama seperti website lainnya, Anda bisa menambahkan belanjaan pada cart terlebih dahulu jika masih mau berbelanja, atau klik buy now jika ingin langsung melakukan pembayaran.

Untuk pembayaran, bisa melalui paypal atau langsung dengan kartu kredit. Meskipun pada website terlihat pembelian masih menggunakan korean won, namun nanti saat pembayaran kita tetap dicharge dengan USD hasil konversi Won ke USD (jika pembayaran menggunakan paypal). Jika pembayaran langsung dengan credit card tanpa melalui paypal maka kurs yang ditagihkan adalah dalam kurs Korean Won


Terkena Purchasing Restriction

                Saat saya melakukan pemesanan untuk PO CD Wanna One, transaksi saya dibatalkan padahal saat itu limit kartu kredit saya sudah terpotong dan order saya sudah di proses. Pembatalan terjadi setelah 2 hari saya melakukan pembayaran. Pihak Gmarket memang langsung melakukan full refund, namun saat saya mengulang untuk melakukan pembelian muncul pop up yang menyebutkan bahwa saya tidak dapat melalukan pemesanan (purchase right have been restricted).  Akhirnya saya mengirimkan inquiry (pesan) ke customer service sehubungan dengan masalah tersebut.


                Ternyata untuk pembelian dengan akun paypal serta foreign credit card issued outside korea terkadang akan terkena purchasing restriction (dan ini ternyata random customer, jadi tidak semua orang yang belanja di gmarket dengan foreign credit card akan mengalami hal seperti saya), hal ini diberlakukan oleh gmarket untuk mencegah transaksi illegal untuk pembelian dengan foreign credit card. ( saya lampirkan screenshot email dari gmarket mengenai purchasing restriction).

Lalu bagaimana jika hal tersebut terjadi? Apakah berarti kita tidak bisa melakukan pembelian di gmarket?? Bisa! Jika hal tersebut terjadi maka Anda harus melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan mengirimkan data ke tim Gmarket, data diri berisi nama, id gmarket dan no telepon. Setelah mengirimkan email verifikasi data diri, akhirnya saya pun dapat melakukan pemesanan dan pembelian di Gmarket. (untuk email di gmarket bisa dilihat pada gambar)


Wanna One – I Promise U




Saya melakukan pemesanan album wanna one sebenarnya sangat mepet dengan tanggal rilis mereka. Saya melakukan order pada tanggal 18 Maret 2018. Keesokan harinya yaitu tanggal 19 Maret 2018, hari dimana album Wanna One rilis, status pemesanan saya berubah menjadi Standby Shipping/Preparing for shipment dari pihak seller ke Warehouse Gmarket. Tanggal 20 Maret 2018, Pihak Seller kemudian mengirimkan paket ke warehouse gmarket, lalu pada tanggal 22 Maret 2018, status paket saya cek ternyata sudah di warehouse Gmarket dan preparing for International Shipping.

Tanggal 23 Maret, Barang pun dikirimkan oleh pihak Gmarket ke alamat saya. Tanggal 24 Maret barang pun sampai di jakarta (saya melakukan tracking ems), dan tertahan hingga tanggal 27 akhirnya kembali baru terupdate bahwa paket Gmarket saya sudah masuk di kantor pos soetta. Dikarenakan pada tangga 30 Maret merupakan tanggal merah, barang saya baru dikirim ke alamat rumah saya pada hari senin yaitu tanggal 2 april 2018.




Mengenai Biaya Shipping di Gmarket

Jika Anda membeli barang di Gmarket untuk biaya shipping perlu Anda perhatikan lagi, karena setelah pihak seller mengirimkan barang, pihak gmarket akan menimbang kembali berat sebenarnya paket yang dikirimkan. (lihat pada gambar). Jika ternyata berat  melebihi estimasi berat yang di tuliskan seller, maka kita akan ditagihkan kekurangan ongkos kirim jika ada. Lalu kenapa saya tidak ditagihkan padahal berat paket saya 2.2kg dan estimasi berat dari seller 2kg??? Ini ternyata karena 0.2kg (200gram) kelebihan itu merupakan berat kotak/kardusnya, sehingga saya tidak ditagihkan.




Lalu jika mengalami kekurangan bayar untuk shipping bagaimana? Agar barang dilanjutkan pengirimannya ke alamat Anda, maka Anda harus membayar kekurangannya terlebih dahulu, baru pihak gmarket akan mengirimkan paket Anda. Jika tidak dibayarkan, maka barang Anda tidak akan dikirimkan. 

REVIEW

Saat pertama kali melihat bentuk kardus dari Gmarket sejujurnya saya kaget, karena kardusnya besar sekali (panjangnya seukuran guling). Padahal saat itu saya hanya memesan dua buah album serta unfolded poster, lalu kenapa kardusnya besar sekali? Ternyata gmarket mendouble dus nya. 


Pihak Interpark (saya membeli melalui seller interpark) mengirimkan dalam dus ukuran kecil untuk album dan tube untuk poster, lalu pihak gmarket memasukan dua pieces produk dalam satu kardus besar. 
Untuk kardus interpark sendiri bentuknya kecil dan ukurannya hanya sebesar satu rim kertas folio namun agak lebih besar sedikit


Untuk albumnya sendiri kemasan dari interpark cukup aman karena dilapisi bubble wrap seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.



Comments

  1. Kak apa jika berat baranglebih ringan akan ada pengembalian uang?? Lalu jika order kita cancel iang masuk ke limit kartu kredit atau bagaimana kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello everyone feel free to reach out to Mr barry on Barrysilbert540 @ gmail. com  if you need help or guidance on how to recover your lost fund using good strategy and how  profitable trades is been done. And also if you want to recover your lost funds using his masterclass strategy he can help you. I'm earning $10,250 weekly using his masterclass.. you can also reach him out on whatsapp  + 4 4 7 5 0 8 2 9 8 6 9 1.

      Delete
  2. Kak kalo kita ngak ada kartu buat bayar,,,bisa cast langsung bayar ke bank nya ngak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga bisa kak hanya bisa melalui kartu debit (permata bank), pay pak, smilecash

      Delete
    2. Pakai permata bank bisa? Bisa kasih tahu step by stepnya?

      Delete
  3. Kak kalo ga punya kartu bayar ke bank gimana? Lalu tanda EN itu apa ya, soalnya saya lihat album Trus ada tulisan itu fi samping gambar pesawat

    ReplyDelete
  4. Kak saya punya kartuny tp dalam rupiah langsung aja bayarkan gitu? Atau ganti kurs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab, langsung aja bayar kak, nanti dikasih pilihan mau pakai kurs apa

      Delete
  5. kak mau tanya , kan di akun gmarket saya ngga disuruh masukin alamat komplit , padahal saya luar jakarta , nah hanya ada Indonesia aja tu , terus taunya alamat kita gimana ya ka?

    ReplyDelete
  6. Kak mau tanya nih, kan saya beli album di gmarket ya nah terus ada biaya tambahan, itu biaya tambahannya di bayar ke gmarketnya atau kemana kak??
    Terus di bawah biaya tambahan ada tulisan *biaya pengiriman international sudah di bayar ( itu gimana ya kak?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello everyone feel free to reach out to Mr barry on Barrysilbert540 @ gmail. com  if you need help or guidance on how to recover your lost fund using good strategy and how  profitable trades is been done. And also if you want to recover your lost funds using his masterclass strategy he can help you. I'm earning $10,250 weekly using his masterclass.. you can also reach him out on whatsapp  + 4 4 7 5 0 8 2 9 8 6 9 1.

      Delete
  7. kak ada media sosoia yang bisa saya hubungi? ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan, mohon responya ya ☺️

    ReplyDelete
  8. kak ada media sosoia yang bisa saya hubungi? ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan, mohon responya ya ☺️

    ReplyDelete
  9. Hello everyone feel free to reach out to Mr barry on Barrysilbert540 @ gmail. com  if you need help or guidance on how to recover your lost fund using good strategy and how  profitable trades is been done. And also if you want to recover your lost funds using his masterclass strategy he can help you. I'm earning $10,250 weekly using his masterclass.. you can also reach him out on whatsapp  + 4 4 7 5 0 8 2 9 8 6 9 1.

    ReplyDelete
  10. kak aku punya credit card tapi ttep gak bisa dan email jg gak ada buat verivikasi bingung jadinya

    ReplyDelete
  11. Ka, kalau kena restricted purchasing kirim email kemana? Trus berap lama sebelum.akun kita bisa dipakai untuk belanja? Malasih

    ReplyDelete
  12. Saya order kak terus kepotong uang saya,terus saya cancel barang nya, tapi uang nya gak kembali, gmn cara nya supaya uang saya kembali, mojon info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ka bayarnya pakai kartu apa ya? saya mau coba pakai Jenius ini apa ada yang pernah coba?

      Delete
  13. Ka mau nanya? Kalo pembayaran pake BCA bisa nggk sih ka? Lalu kan dibca saya tercantum nya mata uang IDR ka buka KRW? jadi bagaimana ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya kak, kalau kartu kakak ada logo visa,, bisa langsung bayar ya, nanti dikasih pilihan mau kurs apa

      Delete
  14. kak mau tanya kalau pembayaannya menggunakan won dengan kartu jenius bisa???
    lalu untuk shippingnya apa tetap direct indonesia???

    ReplyDelete

Post a Comment