>

MY CONCERT EXPERIENCE : JBJ 1st Concert in Jakarta

INTRO

Bagi para penggemar dan terutama bagi kalian yang mengikuti acara produce 101 pasti tak asing dengan grup JBJ. JBJ (Just Be Joyful) merupakan grup yang dibentuk dari member yang tereliminasi dalam ajang survival show produce 101. JBJ beranggotakan 6 orang yaitu Noh Taehyun, Takada Kenta, Kim Sanggyun, Jin Longguo/Kim Yongguk, Kwon Hyunbin dan Kim Donghan. JBJ sendiri berada dibawah naungan anak perusahan LOEN entertaiment yaitu Fave Entertaiment. Di sebutkan bahwa kontrak JBJ dengan Fave Entertaiment hanya berusia 7 bulan, namun tidak menutup kemungkinan untuk memperpanjang masa kontrak tersebut.

JBJ resmi debut pada tanggal 18 Oktober 2017 dengan Album “Fantasy” dan kemudian melakukan comeback kembali pada tanggal 17 Januari 2018 dengan album “True Colors”. Pada tanggal 14 Maret 2018. Fave Entertaiment mengumumkan bahwa kontrak JBJ akan berakhir pada akhir April 2018, dan mereka memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak tersebut.

JBJ 1st Concert in Jakarta



Pada tanggal 26 Februari 2018 promotor JBJ 1st Concert in Jakarta yaitu Enstar Entertaiment mengumumkan melalui akun twitter nya bahwa JBJ akan mengadakan konser pertamanya di Jakarta pada 7 April 2018 di Kasablanka Hall. Pada hari itu juga diumumkan seatplan dan pricelist untuk konser pertama JBJ tersebut.



Saya sejujurnya saat itu cukup tertarik untuk menonton JBJ, namun setelah dipikirkan berulang-ulang saya pun tidak membeli tiket tersebut dengan pertimbangan saya harus menabung untuk konser Wanna One. Beberapa hari kemudian, Promotor mengumumkan bahwa akan menjual tiket presale dengan harga yang lebih murah (berbeda sekitar 500 ribu dibandingkan normal price), ketertarikan saya pun kembali lagi. Penjualan tiket presale dilakukan melalui kiostix pada tanggal 2 Maret 2018, saya pun mencoba untuk war pada hari tersebut, namun hasilnya NIHIL! Saya tidak mendapatkan tiket presale. Saya pun menyerah dan berpikir mungkin memang belum jodoh saya untuk menonton konser pertama dan terakhir JBJ di Jakarta.

---- SKIP TO CONCERT D-DAY ---

Artikel ini saya dedikasikan sepenuhnya untuk teman “racun” saya.. D, You’re my saviour! D (nama disamarkan dan  akan sering saya sebutkan dalam artikel ini)

                Pada tanggal 7 april 2018, saya yang hari itu sejak pagi hari sudah nongkrong di salah satu coffee shop dihubungi oleh D melalui LINE. Teman saya ini memang sudah galau apakah akan pergi menonton atau tidak, secara kita berdua memang sedang menabung ekstra keras untuk menonton konser Wanna One di beberapa negara. D membeli tiket VIP yang mana sudah pasti akan mendapatkan Hi Touch dengan JBJ, dan dalam pengundian, dia juga mendapatkan Rehersall Pass. Namun teman saya yang mungkin berpikir sudah terlanjur “kecebur” juga ingin mendapatkan photo group yang mana dia tidak beruntung mendapatkan benefit tersebut.

                Sekitar pukul 10.30AM, melalui LINE kami mengobrol bahwa ada seseorang (sebut saja si A) yang menjual tiket CAT 4 dengan benefitnya (Photo Group). D yang memang ingin untuk photo grup pun menghubungi orang tersebut dan melakukan nego untuk harga tiket tersebut. Sebenarnya ada yang menjual photo grup pass nya saja tanpa tiket, namun harga yang diberikan hampir sama dengan tiket yg dijual oleh A. Setelah mengobrol dan nego, akhirnya D memutuskan untuk membeli tiket  yang dijual A (Untuk CAT4, photo grup pass diberikan dengan cara di undi). Karena D sudah membeli tiket VIP, otomatis tiket CAT 4 yang dibeli di si A tidak akan dipakai. Oleh karena itu, D menawarkan kepada saya, apakah saya mau untuk mengambil tiket CAT 4 tersebut. Saya pun berpikir, berpikir dan berpikir lagi, karena sejujurnya saat itu budget saya tidak ada untuk membeli tiket tersebut, namun teman saya yang super baik hati ini mengatakan “udah nonton dulu aja, gampang lah nanti”. Oke, fix saya jadi nonton JBJ!

                Saya janjian dengan D untuk berangkat bersama dari tempat D (saya kerumah D untuk berangkat bersama). Pukul 12.40PM kami baru berangkat dari rumah D dikawasan jakarta selatan. Kami sampai di Kota Kasablanka sekitar pukul 1.30PM. Kasablanka Hall terletak di lantai paling atas mall Kota Kasablanka. Setelah menukar tiket, kami bertemu dengan beberapa teman-teman kami dahulu dan kemudian memutuskan untuk makan siang terlebih dahulu sebelum konser dimulai.



                Pukul 3.30PM, setelah selesai makan kami pun naik ke venue, dan menunggu gate dibuka. D yang mempunyai rehersall pass pun mulai masuk untuk mengikuti rehersall pada pukul 4.00PM. Saya dan salah satu teman saya yang lainnya pun menunggu di luar Kasablanka Hall sambil mengobrol. Sekitar pukul 5.00PM, D kembali dari rehersall dan Gate untuk masuk ke venue sudah dibuka. Para penonton pun mulai masuk ke dalam venue. Saya yang santai dan memang tidak menggebu-gebu pun tidak langsung masuk, kami justru melanjutkan obrolan kami bersama teman-teman yang lain. Kami merencanakan untuk masuk mepet.

                Dan ternyata ada untungnya juga kami tidak masuk terburu-buru. Melalui salah satu GC di LINE, D mendapatkan info bahwa ada salah satu online shop yang memiliki 2 buah  Hi Touch Pass dan akan memberikan kepada siapa saja yang bisa mendatangi dia dengan cepat! Saya dan D langsung otomatis mencari orang tersebut. Dan entah mungkin memang hoki saya saat itu sedang bagus atau bagaimana, saya menemukan orang tersebut dan mendapatkan hitouch pass tersebut! Saya speechless!!!!! Saya yang memang tidak berharap banyak saat memutuskan untuk menonton JBJ, hanya ingin bertemu secara live dan bernyanyi bersama joyful ternyata justru dapat merasakan memegang tangan member JBJ. (SOBBING HARD).



                Kami pun memutuskan untuk masuk ke dalam venue sekitar pukul 6.00PM, kami menyempatkan berfoto dahulu di Wall of Fame yang disediakan oleh promotor. Setelah selesai berphoto, saya berpisah dengan D dan N (mereka di section VIP, sedangkan saya di Cat 4). Saat di dalam ternyata Cat 4 agak kosong dan tidak begitu banyak orang yang menonton di CAT 4. Saya pun memutuskan untuk duduk selonjoran bersandar di pagar pembatas antara CAT 4 dan FOH. Saya yang baru pertama kali menonton konser di Kasablanka Hall pun agak sedikit takjub, karena ternyata venue nya kecil. Saya yang di CAT 4 dapat melihat jelas ke panggung. Sambil menunggu konser mulai saya mengobrol dengan beberapa penonton lain yang juga duduk bersandar di belakang.

LET’S THE PARTY BEGIN!

Pukul 06.30PM, konser pun dimulai! Sebelum JBJ muncul, VCR memutarkan video perkenalan JBJ saat pertama kali mengenalkan diri sebagai trainee di produce 101 (ini hanya suara nya, sedangkan gambarnya tidak menampilkan gambar saat produce 101, namun photo JBJ lainnya) SAYA BAPER! Kenangan saya mengenai produce 101 pun kembali berputar di pikiran.



                Lagu pertama yang dinyanyikan adalah My Flower. Kesan pertama saya saat melihat JBJ secara langsung, terharu. Kenapa terharu? Karena saya tadinya memang tidak merencanakan untuk menonton mereka, namun ternyata memang jodoh saya sehingga akhirnya saya bisa menonton mereka secara live. Saya ingin mengaku dose! Sejujurnya saya hanya mengetahui beberapa lagu JBJ seperti Fantasy, My Flower, True Colors, Say my name, dan Wonderful Day. Sisanya saya agak asing dengan lagu – lagu JBJ (Sorry.. )

                Saya tidak terlalu banyak merekam performance mereka, saya hanya merekam beberapa saja dan sesekali memotret. Alasan pertama adalah karena saya ingin menikmati konser tersebut, dan alasan lainnya karena staff korea bolak balik di antara penonton dan melarang untuk merekam. Banyak sekali di section saya yang di tegur saat merekam, bahkan ada yang hingga dipanggil kebelakang dan disuruh menghapus rekaman yang ada di handphone nya. Iya, bahkan merekam dan mengambil gambar melalui handphone pun tidak boleh.  Akhirnya karena saya takut jika beberapa rekaman dan foto saya disuruh hapus, saya memutuskan untuk memasukan handphone saya ke kantong dan memilih untuk menikmati konser.  Saya suka sekali menonton dari belakang, karena saya bisa bebas berjoget menikmati lagu-lagu JBJ. Saya bersama tiga orang yang baru saya kenal saat di venue, berjoget dengan semangat, bahkan security sampai geleng-geleng sambil tertawa melihat tingkah kami berempat. 



                Konser pun  berlangsung selama sekitar kurang lebih 120 menit. Selain tampil sebagai satu grup, mereka juga memiliki solo stage masing-masing. Solo stage favorit saya adalah stage Yongguk yang mengcover lagu beautiful. Suara Yongguk amat sangat merdu dan membuat hati tenang. Lagu terakhir dari JBJ adalah True Colors yang merupakan lagu favorit saya. Bagi yang penasaran siapa bias saya di JBJ, Taehyun dan Sanggyun. Awalnya saya suka dengan Taehyun, saat di produce 101 saya memang suka dengan tim Hotshot yaitu Sungwoon dan Taehyun. Namun setelah JBJ debut, saya mulai tertarik dengan sanggyun, lalu saat JBJ comeback dengan lagu My Flower saya pun semakin senang dengan sanggyun, karena part sanggyun di My Flower merupakan part favorit saya. Jadi bisa kalian tebak dengan siapa saya excited untuk hitouch.



After Concert

                Setelah konser berakhir, saya pun bergegas ke arah depan untuk mengantri hitouch dengan JBJ. Saat mengantri sejujurnya saya bingung dengan arah antriannya bagaimana, saya pun akhirnya hanya mengikuti alur yang ada. Antrian pun mulai berjalan setelah setengah jam menunggu.

Hi Touch with JBJ

Untuk hitouch kami mengantri untuk naik ke panggung dimana para member JBJ berada. Urutan posisi berdiri. Sanggyun – Donghan – Taehyun – Kenta – Hyunbin – Yongguk. Ada kejadian saat saya akan melakukan hitouch. Jadi mbak yang mengantri di depan saya menaruh handphone di kantong kemeja nya dengan posisi kamera nya menghadap ke arah depan (layar handphone menghadap baju). Tiba2 saat dia akan hitouch dengan sanggyun, pihak staff korea yang berdiri di samping sanggyun memberhentikan mbak yang didepan saya ini (mungkin takut mba nya merekam proses hitouch yang mana tidak boleh direkam). Saya yang berdiri di belakang mbak nya ini pun otomatis ikut berhenti, saat pihak korea menyuruh mbaknya untuk menaruh handphone di kantong celana, mbaknya agak keribetan dan membuat antrian berhenti lumayan lama meskipun tidak sampai satu menit. Saya pun puas melihat muka sanggyun yang jaraknya sudah didepan mata saya. Sanggyun yang tadi nya melihat ke arah mbaknya kemudian melihat ke arah antrian di belakang mbaknya, saat sanggyun melihat ke arah antrian mbaknya, mata saya kemudian bertemu mata dengan sanggyun (posisi antrian masih berhenti dan mbaknya masih keribetan dengan handphonenya). Karena bertemu mata dengan sanggyun, saya pun otomatis tersenyum, dan dia membalas senyum saya (I’M DEAD!!). Antrian kemudian berjalan.

  • Sanggyun : Subhanallah! Sanggyun sangat amat luar biasa ganteng. Aslinya lebih lebih lebih ganteng daripada di photo. Putih bersih, Senyumnya luar biasa manis, Eye smilenya bisa membuat hilang akal. Saat hitouch seperti biasa saya selalu menggengam tangan mereka (ini selalu saya lakukan jika hitouch). Dan tidak seperti sesi hitouch dengan grup lainnya, disini saya bisa berbicara. Saat memegang tangan sanggyun saya mengatakan Hi, Sanggyun membalas sapaan saya tersebut dengan mengatakan Hi sambil tersenyum.
  • Donghan : Dedek satu ini tak usah diragukan lagi visualnya. Saat hitouch saya menyapa dia Hi, donghan juga membalas dengan Hi dan tersenyum.
  • Taehyun : Taehyun ternyata tingginya hampir sama dengan Sungwoon dan aslinya luar biasa ganteng. Saat hitouch dengan Taehyun saya sejujurnya agak excited. Saya memanggil nama “Taehyun” dengan excited, dia kemudian mengangguk dan tersenyum
  • Kenta : Saat hitouch dengan kenta, sejujurnya saya terlalu teralihkan dengan eye make up kenta yang bling bling. Saya menatap mata bling bling kenta,Kenta balik menatap mata saya saya dan disinilah saya merasa terjadi moment slow motion. (entah kenapa jika saat hitouch saya menatap mata, pasti saya merasa seperti moment slow moton. Hal ini pernah terjadi saat hitouch dengan Wonpil Day6). Sebenarnya semua saya tatap matanya, namun yg tatapan matanya saya paling ingat justru kenta.
  • Hyunbin : Hyunbin ini super tinggi! Ya seperti yang kita tau, hyunbin merupakan model, jadi tak heran kalau dia super tinggi. Karena hyunbin tinggi, maka  saat hitouch saya harus mendongak untuk melihat muka hyunbin, namun karena musti bergerak cepat, saya jadi hanya melihat sekilas saja. Jadi tidak begitu ngeh dengan muka hyunbin. Saya sempat berkata hi saat hitouch dengan hyunbin
  • Yongguk : My new favorit vocalist. Melihat muka yongguk hati menjadi sangat tenang. Senyumnya manis dan “kalem”. Saat hitouch saya menyebut nama nya “hi,yongguk” dan dia membalas hi sambil tersenyum.

After Hi Touch

                Seperti yang pernah terjadi sebelumnya, setiap selesai melalukan hitouch saya pasti langsung blank. Untuk sesi hi touch dengan JBJ ini, saat setelah selesai Hi Touch kemarin saya otomatis mencium tangan saya sendiri, padahal sebelumna saya tidak pernah melakukan hal tersebut. DAN.. WANGI!!!! Iya, tangan mereka wangi!!!! Wanginya menempel pada tangan saya dan mungkin juga di tangan para fans lainnya. Saat keluar dari venue setelah hi touch dengan JBJ saya kembali bertemu dengan teman saya, N. Dan N, juga bilang bahwa tangan nya wangi, itu berarti bukan halusinasi saya saja kalau memang tangan mereka wangi. Mungkin sebelum hi touch para member JBJ memakai hand cream terlebih dahulu, sehingga wangi hand cream tersebut menempel di tangan para fans.

Conclusion

KEREN! Terima kasih kepada teman racun saya D. Mungkin saya akan menyesal jika tidak menonton JBJ hari itu. Hal yang membuat saya sangat terpukau selain performance dari JBJ adalah Lighting panggung mereka. Sungguh sangat keren. Sound system juga sangat baik. Overall, saya sangat puas dengan konser JBJ di Jakarta




Memorable Moment

Solo Stage Member JBJ. Sanggyun rap with blindfold. Taehyun Dance. Yongguk and Donghan cover song

Notes : Bagi kalian yang mau melihat beberapa rekaman video saya bisa dilihat melalui personal instagram saya :  KLIK 


Comments