>

Belanja Album di Korea, Bagaimana Cara Hitung dan Bayar Pajaknya??



Mohon membaca artikel ini sampai akhir untuk cara mudah menghitung pajak melalui aplikasi (aplikasi saat ini hanya tersedia di Android, ios silahkan melakukan perhitungan secara manual)

Banyak dari kalian mungkin masih bingung mengenai perhitungan pajak (tax) yang harus dibayarkan untuk paket kiriman kalian. Berikut saya jelaskan mengenai pengalaman pembayaran pajak untuk pembelian album/paket dari korea selatan.

Pajak (Tax) dibayarkan setelah barang sampai di Indonesia. Saat Check Out pembayaran di web korea, kalian hanya membayar Harga Barang + Ongkos Kirim (EMS/DHL/lainnya)

Per-bulan Maret 2020, batas barang kiriman bebas pajak tidak lagi dibawah USD75, melainkan dibawah USD3. ini berarti semua barang kiriman di atas USD3 akan terkena pajak bea cukai. 

gambar dibawah adalah cara perhitungan manual
sumber : twitter bravobeacukai

PENGALAMAN PRIBADI

Pada bulan Februari 2020, saya melakukan pembelian album BTS Map Of The Soul 7 di salah satu seller korea, total yang saya bayarkan untuk pembelian beberapa album BTS Map Of The Soul 7 tersebut yaitu sebesar 309.450 Won (sudah termasuk ongkos kirim). Saat itu saya melakukan pembayaran dengan menggunakan kurs Won, sedangkan untuk perhitungan bea cukai biasanya menggunakan kurs USD, jadi jika saya kira-kira kemungkinan dalam USD adalah sekitar USD 250. 

Barang pun dikirimkan oleh seller dengan menggunakan EMS, beberapa hari kemudian saya cek melalui ems.posindonesia com barang sudah masuk dalam antrian pemeriksaan bea cukai. Setelah diperiksa, ditetapkan oleh pejabat bea cukai bahwa FOB (nilai barang) saya sebesar USD 238  dan jumlah pajak/tax yang harus dibayarkan sebesar Rp. 783.000 (total pajak untuk seluruh album yang saya beli. FYI, saya membeli album lebih dari 15pcs)

Note : untuk perhitungan nilai FOB paket ditentukan oleh pihak/pejabat Bea Cukai dan untuk nilai atau total bayar nya juga akan berpengaruh dengan Kurs Dollar Harian


untuk pembayaran sendiri ada beberapa cara untuk membayarkan pajak bea cukai, yaitu dengan datang ke kantor pos saat akan melakukan penjemputan paket, transfer bank atau melalui e-commerce (Tokopedia). Saya sendiri memilih melakukan pembayaran melalui Tokopedia (menu pembayaran "Penerimaan Negara"). Untuk no billing untuk pembayaran bisa dilihat saat kalian mengecek no tracking EMS kalia di web ems.posindonesia

tokopedia pembayaran negara

Setelah melakukan pembayaran melalui tokopedia, saya kemudian menghubungi kantor pos fatmawati melalui whatsapp mengenai pengambilan barang ( Nilai barang lebih dari USD 75, harus diambil sendiri di kantor pos wilayah kiriman). Sebelum mengambil ataupun menghubungi kantor pos wilayah pastikan untuk mengecek dahulu status paket di ems.posindonesia com, jika status paket sudah "cetak invoice/arrival for delivery, maka paket kalian sudah ada dikantor pos wilayah dan siap untuk diambil. Dengan membawa bukti pembayaran yang sudah di print, saya kemudian mengambil paket saya dikantor pos fatmawati.  

untuk barang dibawah USD 75, karena barang diantarkan pembayaran pajaknya bisa langsung dilakukan ke petugas pos yang mengantarkan, namun apabila memang mau dibayarkan dengan metode transfer/ecommerce, pastikan untuk print invoice pembayaran agar saat petugas pos mengantarkan tidak terjadi double pembayaran, bukti pembayaran di serahkan ke petugas pos sebagai bukti pembayaran (ditagih lagi oleh pihak pos)

Menurut saya sendiri, untuk pembayaran pajak bea cukai sudah sangat mudah, karena sudah bisa dibayarkan melalui transfer ataupun melalui ecommerce.


MOBILE BEA CUKAI

cara menghitung biaya pajak kini bisa lebih mudah melalui aplikasi MOBILE BEA CUKAI (saat ini hanya tersedia untuk Android). aplikasi tersebut bisa langsung di unduh melalui play store. Pada aplikasi tersebut kalian bisa menghitung berapa besar pajak yang harus dibayarkan.

Untuk menghitung silahkan pilih "HITUNG PUNGUTAN". 

Jenis Impor pilih "Barang kiriman melalui PJT/POS"
Jenis barang (jika album atau merch kpop) pilih "LAINNYA"
Mata uang silahkan di sesuaikan sendiri

Kolom Free On Board isi Harga total barang yang dibayarkan 
Kolom Insurance silahkan di kosongkan jika tidak tau/tidak ada
Kolom Freight silahkan isi Harga Ongkir (EMS) yang dibayar


Masih bingung dan punya pertanyaan? Contact me via twitter atau Instagram




Comments

  1. Hiii.... Boleh drop emailnya gak? Pengen nanya2 soal ems dan tax

    ReplyDelete
  2. Wiihh ka makasih bermanfaat banget ka gomawoo

    ReplyDelete
  3. Thank you! Infonya bermanfaat banget 🤗

    ReplyDelete
  4. Berarti untuk pembelian 1 album degan tax dan ems kakak bayar 1.092.450?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.092.450 itu album include ems+tax atau biaya ems+tax doang? Pengen beli merch tapi masih bingung lebih worth yang mana antara beli langsung di web, ato beli di e-commerce

      Delete
    2. 700k sekian itu bea taxnya gasih? trs kayanya writernya punya usaha atau apa gt jadi bukan cm 1 pcs. dan kalo menurut aku kaya lebih worth it beli di selkor/web kor drpd ecommerce kaya lebih mahal gt, tp ya takutnya di tax itu sih. cmiiw yah!

      Delete
  5. kak mau nanya kalau misal kan belanja album dsbg di web korea/us itu ada minimal order ga buat kita yang direct nya langsung ke indo ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu lagi kak biar biaya becuk ems tax dan lain lain ga begitu mahal kita lebih baik order brapa album ya ? apakah harus pembelanjaan sejuta lebih gitu ? thx

      Delete
    2. Makin kitanya beli banyak, harganya juga semakin murah sih. Makanya kalo beli di group order jatuhnya jadi lebih murah daripada beli sendiri, soalnya biaya tambahan ntar di bagi rata

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok komennya diapus author sih, kyknya komennya jg bagus

      Delete
  7. halo ka, makasih banyak ya penjelasannya detail banget. <3

    ReplyDelete
  8. Bermanfaat sekali untuk saya yg resseller merch kpop lgsg dari Korea thanks kak ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kak,gimana caranya jadi resseler korea langsung?

      Delete
  9. Terima kasih kak atas informasinya! sangat membantu:)

    ReplyDelete
  10. Hai ka aku mau nanya untuk pembayaran bea cukai apakah ada dojumen semacam punya npwp gitu ka buat bayar? Atau hanya bayar saja setelah dihubungi? Terima kasih ka sebelumnya

    ReplyDelete
  11. Cara ngecek biaya EMS itu gimana ya kak? Buat 5 kg btw

    ReplyDelete
  12. Mau tanya dong kak.. sebenernya cara ngitung emsnya gimana sih?? Kan kalo ak cek di ems pos itu tarifnya 1kg nya adlah 22.1 usd na ini kalo di rupiahin 200an kan, tp kok kalo ak beli album gitu kok bs kena ems tax cm 80k-100k.. padhal buat ems sendiri 200an.. itu gimana ya ka?? Ak bingungnya ngitung di tarif ems nya misal beli 10 pcs album dg est berat/album 800gr itu ngira" dpt emsnya gimana?? Makasih kak kalo dah mau jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mjb, biasanya kl ems gt harganya di bagi2 sih, misalnya km beli di go ada 15 org jd ems nya di bagi sm 15 org itu jd semakin byk yg beli harga ems makin murah cmiiw

      Delete
  13. Kak nanya, GO itu apaan ya?

    ReplyDelete
  14. Ka mau nanya, lebih baik payment pakai mata uang won atau dollar ya?

    ReplyDelete
  15. Pengen buka olshop tapi masih binggung banget sama maksud EMS tax nyaa😭😭

    ReplyDelete
  16. kak mau tanya, kalau beli album di shopee fatirkshop.id itu kan tertera include pajak, apakah perlu bayar lain" lagi kalau albumnya dah sampai indo??

    ReplyDelete
  17. Casino Site | Play with £10 at Lucky Club
    Lucky Club's Welcome Bonus & Games. Register a new account today and receive £10 bonus on your first deposit. Register today luckyclub.live and receive £10 bonus

    ReplyDelete
  18. Kak mau nanya.. aku kan mau beli album lewat weverse.. tp aku masi pelajar jadi ga punya NPWP untuk pembayaran bea cukai sendiri tu pakai NPWP apa gak kak?

    ReplyDelete
  19. Boleh tau username instagram nya ka? Mau nanya2

    ReplyDelete

Post a Comment